Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan akseptor KB terhadap pelayanan KB dimasa pandemi covid 19 di Desa Mendahara Tahun 2021

Desi Ratna Sari, NIM203001070258 (2022) Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan akseptor KB terhadap pelayanan KB dimasa pandemi covid 19 di Desa Mendahara Tahun 2021. Other thesis, Universitas Adiwangsa Jambi.

[thumbnail of Desi Ratna Sari-NIM203001070258-SKRIPSI S.I KEBIDANAN-2021.pdf] Text
Desi Ratna Sari-NIM203001070258-SKRIPSI S.I KEBIDANAN-2021.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK (BAHASA INDONESIA)

Pandemi COVID-19 di Indonesia merupakan situasi yang terjadi secara mendadak dan cepat hingga berdampak selain terhadap perekonomian, pendidikan dan sosial masyarakat, juga berdampak terhadap kesehatan salah satunya pada pelayanan kesehatan reproduksi perempuan.
Kepuasan pelayanan adalah suatu tingkat perasaan yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya. Ketidakpuasan atau perasaan kecewa akan muncul jika kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya itu tidak sesuai dengan kinerjanya sendiri.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Akseptor KB terhadap Pelayanan KB Dimasa Pandemi Covid- 19 Di Desa Mendahara Tahun 2021, dengan desain penelitian cross sectional. Populasi penelitian seluruh PUS yang ada di Desa Mendahara dari Januari s/d November 2021 berjumlah 660 orang, menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 84 orang. Analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat dan bivariate dengan menggunakan uji chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan Bukti fisik (p-value = 0,006) Kehandalan (reliability) (p-value = 0,024), Ketanggapan (responsiveness) (p-value = 0,024). Jaminan Keamanan (assurance) ( p-value = 0,000) dan kepedulian (emphaty) (p- value = 0,003) tentang kepuasan akseptor KB dalam mendapatkan pelayanan KB di masa pandemic covid 19 di Desa Mendahara Tahun 2021.
Penelitian ini dapat dijadikan salah satu cermin pelayanan kesehatan yang diberikan oleh petugas kesehatan kepada keluarga atau masyarakat dan menjadi bahan masukan dalam rangka meningkatkan mutu atau kualitas dalam memperbaiki sistem pelayanan kesehatan masyarakat serta sebagai bahan evaluasi dan penambah wawasan kepada petugas atau pelaksana dalam meningkatkan kepuasan pasangan usia subur tentang pelayanan KB.

Kata Kunci : Faktor Kepuasan Akseptor KB, Pelayanan KB, Pandemi COVID19.

ABSTRACT (BAHASA INGGRIS)

The COVID-19 pandemic in Indonesia is a situation that occurs suddenly and quickly so that it affects not only the economy, education and society, but also health, one of which is women's reproductive health services.
Service satisfaction is a level of feeling that arises as a result of the performance of the health services it receives. Dissatisfaction or feelings of disappointment will arise if the performance of the health service he gets is not in accordance with his own performance.
The purpose of the study was to determine the factors related to the level of satisfaction of family planning acceptors with family planning services during the Covid- 19 pandemic in Mendahara Village in 2021, with a cross sectional research design. The research population of all EFA in Mendahara Village from January to November 2021 amounted to 660 people, using a simple random sampling technique of 84 people. Analysis of the data used is univariate and bivariate analysis using the chi-square test.
The results showed that there was a relationship between physical evidence (p-value
= 0.006) Reliability (p-value = 0.024), Responsiveness (p-value = 0.024). Security assurance (p-value = 0.000) and concern (p-value = 0.003) regarding the satisfaction of family planning acceptors in getting family planning services during the COVID-19 pandemic in Mendahara Village in 2021.
This research can be used as a mirror of health services provided by health workers to families or communities and become input in order to improve quality or quality in improving the public health service system as well as evaluation material and increase insight to officers or implementers in increasing age couple satisfaction. fertile about family planning services.

Keywords : Family Planning Acceptor Satisfaction Factors, Family Planning Services, COVID19 Pandemic.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Faktor Kepuasan Akseptor KB, Pelayanan KB, Pandemi COVID19.
Subjects: Teknologi (Ilmu Terapan)
Teknologi (Ilmu Terapan) > Kedokteran dan kesehatan
Divisions: FAKULTAS ILMU KESEHATAN > S.1 KEBIDANAN
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@unaja.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2024 07:42
Last Modified: 15 Feb 2024 07:42
URI: http://repository.unaja.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item
View Item