Hubungan antara tingkat stress belajar dengan kecanduan game online pada remaja di SMK Revany Indra Putra Jambi 2021

Sivianti, 203001060021 (2021) Hubungan antara tingkat stress belajar dengan kecanduan game online pada remaja di SMK Revany Indra Putra Jambi 2021. Diploma thesis, Universitas Adiwangsa Jambi.

[thumbnail of KTI Silvianti-NIM203001060021-D-III Keperawatan-2021.pdf] Text
KTI Silvianti-NIM203001060021-D-III Keperawatan-2021.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK (BAHASA INDONESIA)

Remaja dengan tingkat stres tinggi cenderung menggunakan game online. Data dari WHO tahun 2018 menyatakan bahwa ada 45,3% dari 3.264 siswa sekolah yang bermain game online selama sebulan terakhir dan tidak berniat untuk berhenti. Kecanduan game online termasuk suatu masalah kesehatan yang harus segera ditangani atau dicegah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat stress belajar dengan kecanduan game online pada remaja di SMK Revany Indra Putra Jambi 2021.
Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Waktu penelitian dilaksanakan tanggal 09-14 Agustus 2021. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa XI dan XII di SMK revany indra putra jambi sebanyak
254 siswa laki laki dan perempuan. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik Purposive sampling dengan rumus Solvin. Yaitu dari 254 populasi dijadikan sample penelitian sebanyak 72 siswa siswi. Data yang terkumpul dianalisis secara Univariat dan Bivariat mengunakan uji Chi Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengalami stres sebanyak sebanyak 42 responden (58,3%) dan sebagian besar responden mengalami kecanduan game online sebanyak 54 responden (75%). Ada hubungan pola makan dengan status gizi balita usia 1-5 tahun di Posyandu Anggrek 8 Wilayah Kerja Puskesmas Paal Merah II tahun 2021 dengan p value 0,000 <0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat stres mempengaruhi kecanduan game online pada remaja. Untuk itu, diharapkan dapat digunakan sebagai sumber informasi untuk meningkatkan pengawasan sekolah dan orang tua pada remaja sehingga mampu mengurangi dan menghilangkan kebiasaan remaja bermain game online.
Kata Kunci : tingkat stres, game online

ABSTRACT (BAHASA INGGRIS)

Teenagers with high stress levels tend to use online games. Data from the WHO in 2018 stated that there were 45.3% of the 3,264 school students who played online games during the past month and did not intend to quit. Online game addiction is a health problem that must be treated or prevented immediately. This study aims to determine the relationship between learning stress levels and online game addiction in adolescents at SMK Revany Indra Putra Jambi 2021.
This research is an analytic study using a cross sectional approach. The time of the research was carried out in 09-14 August 2021. The population in this study were all students XI and XII at SMK Revany Indra Putra Jambi as many as 254 male and female students. The sampling technique used was purposive sampling technique with the Solvin formula. That is, from 254 population, 72 students were used as research samples. The collected data were analyzed by Univariate and Bivariate using Chi Square test.
The results showed that most of the respondents experienced stress as many as 42 respondents (58.3%) and most respondents experienced addiction to online games as many as 54 respondents (75%). There is a relationship between diet and the nutritional status of toddlers aged 1-5 years at the Orchid Posyandu 8 Working Area of the Paal Merah II Health Center in 2021 with a p value of 0.000 <0.05.
The results of this study indicate that stress levels affect online game addiction in adolescents. For this reason, it is hoped that it can be used as a source of information to improve school and parental supervision of adolescents so as to reduce and eliminate the habit of teenagers playing online games.
Keywords: stress level, online game

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : tingkat stres, game online
Subjects: Teknologi (Ilmu Terapan)
Teknologi (Ilmu Terapan) > Kedokteran dan kesehatan
Divisions: FAKULTAS ILMU KESEHATAN > D.III KEPERAWATAN
Depositing User: Unnamed user with email webmaster@unaja.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:13
Last Modified: 31 Oct 2023 03:13
URI: http://repository.unaja.ac.id/id/eprint/94

Actions (login required)

View Item
View Item